Pelet Bulu Perindu Sukma
anda punya masalah dengan asmara
kekasih pergi meninggalkan anda
jangan tunggu sampai kekasih anda di samber orang
buat pasangan anda kembali bertekuk lutut
http://www.buluperindusukma.com Ads premium
-

Rabu, 21 Maret 2012

Redupkan Lampu agar Tomcat Tak Menyerang


SERANGAN serangga Tomcat kian meresahkan. Tapi Anda tak perlu gusar. Serangan itu dapat dihindari dengan mengurangi penerangan dan menutup rapat jendela dan pintu rumah. Demikian dikatakan pakar serangga dari Departemen Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor, Aunu Rauf.

"Karena kumbang ini tertarik cahaya lampu, mematikan lampu atau meredupkan lampu akan mengurangi berdatangannya kumbang ini ke rumah kita," kata Aunu.

Aunu pun tak menyarankan warga duduk nongkrong di bawah lampu yang dikelilingi serangga bernama ilmiah Paederus Fuscipes itu. Bila Tomcat menempel pada tubuh maupun pakaian, Aunu menyarankan untuk tidak memegang atau membunuhnya.

"Usir kumbang tadi secara hati-hati dengan cara meniupnya atau mengusirnya dengan potongan kertas," katanya.

Apabila seseorang secara tidak sengaja kumbang ini terpijit dan cairannya menempel pada kulit, segera bilas dengan air sabun beberapa kali. Begitu pula bila cairan kumbang ini menempel pada baju atau seprei, agar segera dicuci.

Umumnya, gejala muncul 24 jam setelah kulit terkena cairan tubuh kumbang. Bila gejalanya parah segera pergi ke dokter untuk berobat.

Lebih lanjut Aunu menjelaskan, binatang yang disebut Tomcat merupakan hewan sejenis kumbang dengan nama ilmiah Paederus fuscipes. Kumbang itu termasuk dalam Ordo Orthoptera dan Famili Staphylinidae. Dalam bahasa Inggrisnya disebut 'rove beetle' atau kumbang penjelajah atau pengelana, karena selalu aktif berjalan-jalan.

"Masyarakat menyebutnya tomcat, mungkin karena bentuknya sepintas seperti pesawat tempur Tomcat F-14," ujarnya.

Secara spesifikasi, tubuh kumbang ini ramping, dan pada saat berjalan bagian belakang tubuhnya melengkung ke atas. Kumbang berukuran panjang 7 sampai 10 mm dan lebar 0,5 hingga 1,0 mm.

Bagian kepala hewan ini berwarna hitam, sayap berwarna biru kehitaman dan hanya menutupi bagian depan tubuh. Bagian toraks dan abdomen berwarna orange atau merah. Kumbang itu berkembang biak di tanah-tanah yang lembab.

Lebih lanjut Aunu mengatakan, kumbang dapat hidup hingga 3 bulan. Seekor kumbang betina dapat meletakkan telur sebanyak 100 butir telur. Kumbang Paederus fuscipes tergolong serangga predator yang makan pada serangga lain. Kumbang ini banyak dijumpai di sawah, dan merupakan musuh alami dari hama-hama padi.

Sebetulnya kumbang tomcat ini atau Paederus fuscipes adalah serangga yang bermanfaat bagi petani karena membantu mengendalikan hama-hama padi. Kumbang tomcat juga bisa ditemukan di pertanaman kedelai, jagung, kapas, tebu dan sejenisnya.

Pada malam hari kumbang Paederus fuscipes aktif terbang dan tertarik pada cahaya lampu. Inilah sebetulnya yang sekarang terjadi di kompleks apartemen di Surabaya.(Ant/RRN) METRO TV

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►

Ads